HUBUNGAN ANTARA INFEKSI KECACINGAN TERHADAP STATUS GIZI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN ABEPANTAI KOTA JAYAPURA

Yulia N.K. Wasaraka

Sari


Indonesia merupakan negara berkembang yang masih menghadapi masalah tingginya prevalensi penyakit infeksi terutama yang berkaitan dengan higienitas sanitasi lingkungan yang belum baik, salah satunya adalah penyakit infeksi kecacingan. Anak usia sekolah dasar merupakan salah satu sasaran yang menjadi prioritas program pengendalian cacing dan merupakan kelompok yang rentan terhadap ketidakcukupan gizi. Infeksi parasit (kecacingan) merupakan salah satu penyebab masalah kurang gizi pada anak, yang dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak.
Tujuan :Mengetahui hubungan antara kejadian infeksi kecacingan terhadap status gizi pada anak usia sekolah di SDN Abepantai Kota Jayapura.
Metode :Jenis penelitian observasional dengan desain Cross-Sectional Study. Subyek penelitian anak SD kelas III dan IV di SDN Abepantai. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebesar 30 anak. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik chi-square.
Hasil :Terdapat 30% anak yang positif mengalami infeksi kecacingan. Infeksi kecacingan terbanyak adalah cacing gelang (Ascaris Lumbricoides) 44.6%, cacing tambang (Necator Americanus) 22.2% dan cacing cambuk (T.Trichura) 11.1%. dan terdapat larva mikrofilia sebesar 11.1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara infeksi kecacingan terhadap status gizi (TB/U) (P=0.008), akan tetapi tidak terdapat hubungan yang bermakna antara infeksi kecacingan terhadap status gizi (BB/U) (P=0.718) dan status gizi (IMT/U) (P=0.408).
Kesimpulan :Terdapat hubungan antara infeksi kecacingan terhadap status gizi (TB/U)

Kata Kunci : Infeksi Kecacingan, Status Gizi, Anak Sekolah Dasar, SDN Abepantai

Teks Lengkap:

PDF


HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.