HUBUNGAN SARANA DAN DANA DENGAN KESIAPSIAGAAN PETUGAS KESEHATAN DALAM MENGHADAPI KEJADIAN LUAR BIASA DEMAM BERDARAH DENGUE PUSKESMAS BIRU KABUPATEN BONE

Najman Najman

Sari


Pendahuluan : Deman Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang menjadi prioritas masalah kesehatan karena sering menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga perlu ada persiapan atau kesiapsiagaan untuk mencegah atau mengurangi dampak yang ditimbulkan.
Metode : Penelitiani ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling dari keseluruhan petugas kesehatan Puskemas (n=60). Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji Chi-Square koreksi Fisher’s Exact Test dengan koefisien α = 0,05 untuk melihat hubungan variabel independen, yakni pengetahuan, sikap, sarana dan dana) dengan variabel dependen yakni kesiapsiagaan petugas.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel pengetahuan didapatkan nilai p=0,016 (p=<0,05), dan variabel sikap dengan nilai p=0,006 (p=<0,05). Hal terebut berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan kesiapsiagaan petugas kesehatan Puskesmas Biru Kabupaten Bone, sedangkan variabel sarana didapatkan nilai p=0,092 (p=>0,05) dan variabel dana dengan nilai p=0,512 (p=>0,05)
Kesimpulan : tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sarana dan dana dengan kesiapsiagaan petugas kesehatan Puskesmas Biru Kabupaten Bone dalam menghadapi Kejadian Luar Biasa DBD diwilayah kerjanya. Pengetahuan dan sikap merupakan dua faktor yang berperan penting terhadap kesiapsiagaan petugas kesehatan. Semakin baik pengetahuan dan sikap petugas kesehatan, semakin baik pula tingkat kesiapsiagaannya dalam menghadapi Kejadian Luar Biasa DBD.

Referensi


Azwar A. (1996). Pengantar Administrasi Kesehatan. Edisi II. Jakarta: Binarupa Aksara.

BNPB. (2010). Pedoman penanggulangan Bencana Indonesia: Jakarta

Dewi R.N.W. (2010). Kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia Kesehatan dalam Penanggulangan Masalah Kesehatan Akibat Bencana Banjir di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2010. Jakarta : FKM-UI.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bone. (2016). Profil Kesehatan Kabupaten Bone 2015. Bone.

Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan. (2016). Profil Kesehatan Sulawesi selatan 2015: Makassar.

Elvianita. (2012). Pengaruh Sumber Daya Organisasi Terhadap Kesiapsiagaan petugas Penanggulangan Bencana Menghadapi Bencana Banjir di Kabupaten Aceh Timur. Medan: FKM USU

Firmansyah I. dkk. (2014). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Banjir Dan Longsor Pada Remaja Usia 15-18 Tahun Di Sma Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. e-journal. Universitas Jember.

Ginting M. dkk. (2013). Analisis Determinan Kinerja Petugas Surveilans Deman Berdarah Dengue. Analitik : Kota Pematan Siantar (Tesis). Sumatera Utara: Program Pasca Sarjana FKM-USU.

Gultom B.A. (2012). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan Puskesmas Kampung Baru Menghadapi Bencana Banjir di Kecamatan Medan Maimun. e-journal. Universitas Sumatera Utara.

Khasanah. (2016). Disaster Manajemen Plan Kejadian Luar Biasa Deman Berdarah Dengue. (online). diakses 23 Februari 2017. http://nurulkhasanah45.blogspot.co.id/2016/11/.

Kusumasari & Bevaola. (2014). Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Mirzana N. dkk. (2014). Kajian Kesiapsiagaan Keluarga Dalam Menhadapi Kejadian Luar Biasa DBD di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Vol.14 No.1

Moenir H.A.S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Edisi I. Cetakan 7. Jakarta: Bumi aksara.

Nurhayati. (2015). Pengaruh Sumber Daya Organisasi Terhadap Kesiapsiagaan Petugas Penanggulangan Bencana Menghadapi Bencana di Kota Langsa. Medan : FKM USU

Puskesmas Biru. (2016). Data Jumlah Penderita dan Meninggal Akibata Penyakit DBD. Bone. Laporan Puskesmas.

Ramli S. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Bencana (Disaster Management). Jakarta: Dian Rakyat.

Soedarto. (2012). Deman Berdarah Dengue. Jakarta: Sagung Seto.




HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.