FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISTIRAHAT TIDUR PADA PASIEN POST OPERASI DI RUANG KEPERAWATAN BEDAH

Samsir Samsir, Muh Yunus

Sari


Pendahuluan: Pembedahan merupakan pengalaman yang sulit bagi hampir semua pasien. Berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi yang akan membahayakan pasien, pasien yang telah menjalani tindakan pembedahan, sering terjadi gangguan tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Faktor yang Mempengaruhi Pemenuhan Kebutuhan Istirahat Tidur pada Klien Post Operasi di Ruang Perawatan Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar Tahun 2015.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey analitik, penelitian survey analitik yang digunakan yaitu cross sectional study. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan tingkat kemaknaan ɑ < 0,05.
Hasil dan Pembahasan: Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan kenyamanan ruang perawatan dengan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur klien, dilihat dengan hasil penelitian yang memperoleh nilai (ρ=0,00). Ada hubungan kecemasan dengan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur klien, dengan hasil penelitian yang memperoleh nilai (ρ=0,00). Dan ada hubungan nyeri dengan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur klien, dengan hasil penelitian yang memperoleh nilai (ρ=0,00).
Kesimpulan: Hasil dari Penelitian yang dilakukan terdapat hubungan kenyamanan ruang perawatan, Kecemasan dan nyeri dengan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur Klien. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, dapat dikembangkan oleh peneliti selanjutnya untuk lebih mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur klien post operasi.
Kata Kunci : Kebutuhan Istirahat Tidur, Kenyamanan, Kecemasan, Nyeri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Arif R, dkk. 2014. Fisiologi Tidur dan Pernapasan. Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI-SMF Paru RSUP Persahabatan, Jakarta.

Asmadi. 2016. Teknik Prosedural Keperawatan Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta : Salemba Medika.

Brunner & Suddarth. 2016. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8 vol 3. Jakarta : EGC.

Brunner & Suddarth. 2014. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah jilid 1. Jakarta : EGC.

Fahmi, Fariddah. 2012. Pengaruh terapi Musik terhadap Tingkat Gangguan Tidur pada Pasien Paska Operasi Laparatomi di Irna B (teratai) dan Irna Ambun Pagi RSUP Dr. M. Djamal Padang. Padang : Universitas Andalas.

Fauziah. 2015. Pengaruh nyamanan lingkungan fisik Rung Rawat Inap Kelas III Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Kustati Surakata. Skripsi. Surakarta : Univesitas Sebelas Maret.

Hasri, Eva Tirtabayu. 2012. Praktik Keselamatan Pasien Bedah di RSUD X. Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Hidayat, A. Aziz. 2012. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2013. Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Edisi pertama. Jakarta : Salemba Medika.

Kahair, Yani U. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Pemenuhan Kebutuhan Tidur pada Pasien Preoperasi yang pertama kali Dirawat Inap di Ruang Bedah RSUP Dr. M. Djamal Padang. Skripsi : Universitas Andalas.

Mubarak, Wahid Iqbal & Nurul Cahyatin. 2016. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia : Teori & Aplikasi dalam Praktik. Jakarta : EGC.

Nuraini, T Afifah, E. Sugiwati. S. 2012. Gangguan Pola Tidur Pasien 2-11 hari Pasca Operasi. Jurnal Keperawatan Indonesia Vo17. FKUI. Jakarta.

Nurhafizah, dkk. 2012. Teori Pengukuran Nyeri & Nyeri Persalinan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nursalam. 2012. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Pieter, Herri Zan, dkk, 2013. Pengantar Psikopatologi untuk Keperawatan Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Potter & Perry. 2013. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Edisi 4. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran. EGC.

Potter & Perry. 2014. Buku Ajar Fundemental Keperawatan. Jakarta : EGC.

Rekam Medik. 2015. Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar.

Setiadi. 2007. Konsep & Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

STIKES RSU Daya Makassar. 2015. Panduan Penyusunan Skripsi Program S1 Keperawatan.

Tenri rismawati. 2014. Skripsi : Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Pemenuhan Kebutuhan Tidur Bagi Klien yang Menjalani Perawatan Palliative di Ruangan Interna BPRSUD Labuang Baji Makassar, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.

Tiro, M.A. 2011. Metode Penelitian: Skripsi, Tesis dan Disertasi. Makassar: Andara Publisher.

Wingjosoebroto. 2000. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit http://klinis.wordpress.com/2007/12/28/kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-rumah-sakit,diakses tanggal 01 Januari 2009.




HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.