BODY IMAGE DAN KEJADIAN EATING DISORDER PADA REMAJA PUTRI DI AKPER RS. MARTHEN INDEY

Cita Reast Wulansari

Sari


Body Image merupakan persepsi/ pandangan individu mengenai tubuhnya dan penampilan fisik. Kecemasan pada remaja terhadap bentuk tubuhnya mempengaruhi tindakan mereka untuk melakukan perilaku makan yang tepat atau diit yang salah untuk mendapatkan tubuh yang ideal.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi body image dan kejadian eating disorder pada remaja putri di AKPER RS. Marthen Indey
Metode : Jenis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan deph interview responden penelitian sebanyak 11 orang remaja putri yang terdiri dari kategori thin : 2 orang, Normal : 3 orang, Overweight : 1 orang, Obesitas : 4orang.
Hasil : persepsi diri yang didukung oleh pengalaman personal menguatkan remaja putei untuk melakukan perubahan dalam bentuk tubuh yang diinginkan , namun hal ini tidak diimbangi dengan pola makan mereka, mereka masih cenderung memilih-milih jenis sayuran dan terkadang melupakan aktifitas sarapan pagi.
Kesimpulan :
Persepsi terhadap tubuh pada remaja menunjukkan bahwa sebagian dari mereka merasa kurang menarik atau perlu diperbaiki penampilan mereka
Pengalaman personal memiliki pengauh pada remaja untuk menaikkan dan menurunkan berat badan. Kebiasaan makan yang kurang sehat menunjukkan bahwa belum adanya kesadaran para remaja untuk melakukan perilaku makan yang sehat.

Kata Kunci : Body Image, Eating Disorder, Remaja

Teks Lengkap:

PDF


HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.