HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN KEPATUHAN MENGKINSUMSI TABLET ZAT BESI (Fe) DI KELURAHAN GURABESI JAYAPURA UTARA

Fazryani Masita Torano

Sari


Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2012, prevalensi anemia pada ibu hamil di dunia adalah 41,8%. Sedangkan di Asia sebesar 48,2%. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia adalah sebesar 37.1%. Pemerintah melakukan program pemberian suplementasi tablet besi pada ibu hamil dalam upaya untuk menurunkan angka terjadinya anemia pada ibu hamil. Berdasarkan data di Ruang Kebidanan, RSUD Abepura, diketahui bahwa Anemia menempati urutan pertama dari 10 besar penyakit yang dialami oleh Ibu hamil di tahun 2016.
Tujuan : Meng mengetahui hubungan antara pengetahuan tenatang anemia pada ibu hamil dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi (Fe) di Kelurahan Gurabesi Jayapura Utara.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penetilian analitik komparatif dengan desain penelitian cross-sectional study yaitu pengukuran variabel bebas dan variabel terikat dilakukan satu kali pada waktu yang bersamaan.dengan jumlah sampel sebesar 30 orang.
Hasil :
Kesimpulan : Berdasarkan pengetahuan responden tentang Anemia pada ibu hamil diketahui bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik tentang anemia pada ibu hamil yaitu sebanyak 26 orang (86.67%). Berdasarkan kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi (Fe) diketahui bahwa sebagian besar responden patuh untuk mengkonsumsi tablet zat besi yaitu sebanyak 19 responden (63.33%). Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai p = 0,019 (p < 0,05) maka Ho ditolak yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia terhadap kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi (Fe) di kelurahan Gurabesi, Jayapura Utara.

Kata Kunci : Anemia, Kepatuhan

Teks Lengkap:

PDF


HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.