FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI KELURAHAN GURABESI, JAYAPURA UTARA, KOTA JAYAPURA

Yulia N. K. Wasaraka

Sari


Anemia defisiensi besi merupakan masalah gizi yang paling lazim di dunia dan
menyerang lebih dari 600 juta manusia. Kelompok Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang berisiko mengalami anemia. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil meliputi umur ibu, aritas, jarak kehamilan, status KEK, frekuensi ANC, status ekonomi, pengetahuan dan pendidikan ibu dan dukungan suami. Di Indonesia, prevalensi anemia pada ibu
hamil sebesar 48.9%.
Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kejadian anemia pada ibu hamil di Kelurahan Gurabesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura.
Metode: Jenis Penelitian observasional dengan desain cross-sectional study. Subyek penelitian adalah Ibu hamil yang berlokasi tempat tinggal di Kelurahan Gurabesi, Jayapura Utara. Besar sampel yaitu 32 sampel. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis statistik menggunakan uji chi-squre. Hasil: Terdapat 40,6% ibu hamil yang mengalami anemia. Terdapat sebanyak 66,7% ibu hamil KEK yang mengalami anemia. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status KEK dan kejadian anemia pada ibu hamil (P=0.020). akan tetapi tidak terdapat hubungan antara umur ibu, paritas, frekuensi ANC, dan pengetahuan ibu terhadap kejadian anemia pada ibu hamil (P >0.05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara status KEK dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi asupan zat gizi seimbang untuk menghindari terjadinya KEK.

Kata Kunci : Anemia, Ibu hamil, KEK, Anemia pada Ibu hamil, Ibu hamil KEK

Teks Lengkap:

PDF


HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.