GAMBARAN ANALISIS KEJADIAN PLEBITIS DALAM MEMPERTAHANKAN AKREDITASI DI RUMAH SAKIT TK.II MARTHEN INDEY

Ikadek Sudiyasa, Jems KR Maay, Agnes A Suyanto

Sari


Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan dan pelayanan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan. Kejadian phlebitis dapat di kendalikan dengan penerapan Pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit. Banyak factor yang mempengaruhi kejadian phlebitis dirumah sakit baik dari dalam diri pasien atau (intrinsic) atau dari luar atau (ekstrinsik).
Tujuan: untuk mengetahui gambaran Analisa kejadian phlebitis dalam mempertahankan akreditasi di Rumah Sakit Tk.II Marthen Indey Jayapura.
Metode: Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif nonprobability sampling. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Tk.II Marthen Indey Jayapura. Populasi adalah seluruh pasien yang mengalami phlebitis di rumah Sakit Tk.II Marthen Indey jumlah sampel sebanyak 174 orang. Data diperoleh menggunakan lembar observasi Analisa dokumen dalam format exell dan di Analisa univariat.
Hasil: diperoleh bahwa gambaran jenis kelamin pasien phlebitis di Rumah Sakit Tk.II Marthen Indey Jayapura adalah berjenis kelamin Perempuan sebanyak 94 responden (54,1%). Cairan yang banyak digunakan pada responden adalah cairan Kristaloid sebanyak 164 responden (94,3%), ukuran aboceth yang banyak gigunakan adalah ukuran 20 sebanyak 94 responden (54%), umur pasien yang mengalami phlebitis adalah 30-50 tahun sebanyak 59 responden (33,9%), jenis penyakit terbanyak yang mengalami phlebitis adalah infeksi sebanyak 79 responden (45,4%), suku pasien phlebitis di Rumah Sakit Tk.II Marthen Indey adalah non papua sebanyak 147 responden (84,5%), ruang tempat kejadian phlebitis di melati sebanyak 62 responden (35,6%), masa kerja perawat 0-5 tahun sebanyak 8 responden (50,0%), status kepegawaian KHL sebanyak 11 responden (68,7%).
Kesimpulan: Guna mencegah terjadinya plebitis yang lebih banyak Sebaiknya diberikan pelatihan dan penerapan standar prosedur operasional dalam pemasangan dan perawatan infus kepada seluluh tim medis dan perawat.

Teks Lengkap:

PDF


HEALTHY PAPUA : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan
ISSN 2654-3133 (online)
Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Keperawatan RS. Marthen Indey Jayapura
Alamat Redaksi : Kampus AKPER RSMI, Jln. Diponegoro No. 57, Jayapura, papua, Indonesia
Phone: 0967-523788
Website: http://jurnal.akpermarthenindey.ac.id/index.php/akper
Email: jurnal@akpermarthenindey.uniyap.ac.id

Creative Commons License
Healthy Papua: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan is licensed under International License.